Search

Beranda

Minggu, 30 Juli 2017

Makna Kolonialisme dan Imperialisme

Makna Kolonialisme dan Imperialisme
Halo. Sebelumnya saya udah menjelaskan tentang Penjelajahan Samudera mulai dari apa itu Penjelajahan Samudera, Apa latar belakangnya, Siapa aja yang terlibat, Gimana kejadiannya, dan lain lain. Nah ternyata Penjelajahan Samudera itu merupakan tonggak awal dari kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di permukaan bumi ini. Sepertinya kita sering mendengar tentang kolonialisme dan imperialisme. Tapi sebenernya artinya apaansih? Kok selalu berdampingan? Nah sekarang saya bakal jelasin makna dari Kolonialisme dan Imperialisme.
Yang pertama apasih makna dari kolonialisme? Secara etimologi (bahasa), Kolonialisme berasal dari kata colonus atau colonia yang berarti menguasai. Sehingga dapat dikatakan bahwa kolonialisme bermakna suatu usaha yang dilakukan oleh suatu bangsa untuk menguasai bangsa yang lain di luar dari wilayahnya sendiri.
Terus, apa makna dari Imperialisme? Secara etimologi kata Imperialisme berasal dari kata “imperare” yang berarti memerintah. Jadi, pengertian dari imperialisme yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh suatu bangsa untuk memerintah bangsa lain di luar dari wilayahnya sendiri. Adapunhak untuk memerintah (imperare) disebut “imperium”. Orang yang diberi hak itu (diberi imperium) disebut “imperator”. Lazimnya yang diberi imperium itu ialah raja, dan karena itu lambat-laun raja disebut imperator dan kerajaannya disebut imperium. Pada zaman dahulu kebesaran seorang raja diukur menurut luas daerahnya, maka raja suatu negara ingin selalu memperluas kerajaannya dengan merebut negaranegara lain. Tindakan raja inilah yang disebut imperialisme oleh orang-orang sekarang. Namun, kata imperialisme tidak hanya bermakna tindakan seorang raja untuk merebut daerah kekuasaan lain. Saat ini kata Imperialisme telah mengalami perluasan makna sehingga tidak hanya merujuk kepada imperialisme yang terlihat jelas. Saat ini Imperialisme dapat bermakna sebagai politik untuk menguasai seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. “Menguasai” disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, asal saja untuk kepentingan diri sendiri.
Jadinya dapat dibedakan artinya kan? Kalau Kolonialisme itu menguasai bangsa lain secara fisik (merebut tanah) tapi kalau Imperialisme itu menguasai bangsa lain dengan memengaruhinya dengan budaya, kultur, kebiasaan ataupun adatnya.
Lalu kenapa sering disebut secara bersamaan antara Kolonialisme dan Imperialisme? Karena jika suatu bangsa melakukan kolonialisme maka sudah pasti bangsa tersebut melakukan imperialisme baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar